K.T. SATAKE’S PHOTOGRAPHY JOURNEY IN WEST JAVA

Gambar memang dapat melukiskan seribu kali lebih baik dibandingkan kata-kata. Hal tersebut dapat dirasakan terutama dengan mengamati gambar yang mampu menangkap suatu realita, sekaligus menyimpan memori yang berharga. K.T.Satake, seorang fotografer berkebangsaan Jepang sudah menawan keindahan dan realita Ibu Pertiwi Indonesia, antara lain di Sumatera, Jawa dan Bali. Hasil fotonya yang luar biasa itu membuat Aoki Sumio mempelajari karya-karya, dan kini memamerkannya di Japan Information Center (JIC), Lippo Cikarang.

JIC, bertempat di Trivium Apartment, menyelenggarakan acara ini untuk memperingati 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. Pameran foto ini, selain menunjukkan keindahan alam Jawa Barat beserta potret penduduknya di tahun 1930-an, bermakna lebih dalam dari itu.

Sosok K.T.Satake yang tinggal cukup lama, bahkan sempat menjual postcard hasil foto-foto jepretannya, menjadi simbol indahnya relasi dua budaya yang berbeda, yaitu budaya Indonesia dan Jepang, sekaligus membuktikan bahwa hubungan baik antara kedua negara ini telah terjalin bahkan lebih lama dari 60 tahun.
K.T. Satake, dikupas secara menarik oleh Aoki Sumio, seorang mantan profesor yang tekun mempelajari berbagai bahasa, termasuk bahasa Swahili, sekaligus sebagai penulis berbagai buku mengenai budaya.